Kurikulum 2013

KURIKULUM PENDIDIKAN KESETARAAN TINGKAT WUSTHO

Pendidikan Kesetaraan Tingkat Wustho adalah program pendidikan yang dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia yang dikelola oleh pondok pesantren salafiyah. Pendidikan Kesetaraan Tikngkat Wustho merupakan bagian dari Pendidikan Non Formal (PNF), yakni pendidikan diluar jalur formal yang dapat diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang dan diselenggarakan di pondok-pondok salaf. Jenjang pendidikan terdiri dari dua tingkatan yaitu  Ula (setara dengan SD) dan Wustho (setara dengan SMP). Adapun program wajar dikdas yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci yaitu jenjang Kelas Wustho atau setera dengan SMP

Setelah program tersebut selesai, santri dapat melanjutkan dijenjang selanjutnya yakni SMA, MA, SMK /sederajat. Adapun lulusan dari Pendidikan Kesetaraan Tingkat Wustho di Pon-Pesa Al-Hidayah dapat melanjutkan langsung ke sekolah SMK Al-Kautsar yang dalam hal ini masih dalam satu yayasan yaitu Yayasan Nurul Hidayah, dan bisa melanjutkan jenjang pendidikan menemgah atas lainnya.

  1. Mata Pelajaran Umum terdiri dari:
    1. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan ruang lingkup:
      1. Persatuan dan Kesatuan Bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta  lingkungan, Kebanggan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan NKRI, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap NKRI, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
      2. Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di pesantren, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan Daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa, Sistem hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional.
      3. Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
      4. Kebutuhan warga negara, meliputi: Hidup gotog royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara.
      5. Konstitusi Negara, meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi.
      6. Kekuasaan dan politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi Pemerintahan pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi.
      7. Pancasila, meliputi: Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka.
      8. Globalisasi, meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan mengevaluasin globalisasi.
    2. Bahasa Indonesia (minimal 15 buku sastra dan nonsastra) dengan ruang lingkup:
      1. Mendengarkan
      2. Berbicara
      3. Membaca
      4. Menulis
    3. Bahasa Inggris dengan ruang lingkup:
  1. Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lilsan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi fungsional.
  2. Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan menolong serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika.
  3. Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindakan bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
    1. Matematika dengan ruang lingkup:
  1. Bilangan
  2. Aljabar
  3. Geometri dan pengukuran
  4. Statistik dan peluang
    1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan ruang lingkup:
  1. Makhluk hidup dan proses kehidupan.
  2. Materi dan sifatnya
  3. Energi dan perubahannya
  4. Bumi dan alam semesta
    1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan ruang lingkup:
  1. Manusia, tempat, dan lingkungan
  2. Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
  3. Sistem sosial dan budaya
  4. Perilaku ekonomi dan kesejahteraan

 

  1. Mata Pelajaran Pesantren terdiri dari:
  1. Shorof  dengan kitab Amtsilatuttasrifiyyah tentnang perubahan bentuk kata dari kata satu menuju kata yang di lainya, seperti lafadz قام  menjadi اقامة, استقامة  dll.
  2. Al-Hadits dengan kitab Arba’in Nawani kitab ini berisi 40 hadits yang ditulis oleh Imam

Nawai yang berisi tentang hadits-hadits nasehat .

  1. Al-Qur’an dengan kitab Al-Qur’an tentang pengenalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, seperti surat Al-Ikhlas, An-Nas, dan lainnya dalam juz ‘amma.
  2. Al-Hadits dengan kitab Al-Arba’in an-Nawawiyyah tentang pengetahuan hadits-hadits yang menjadi prinsip-prinsip dasar Islam, seperti hadits perbuatan ikhlas, iman, ihsan, dan lainnya.
  3. Akhlaq dengan kitab Akhlaq li al-Banin wa al-Banat Jilid 2 dan 3 tentang pengetahuan etika/akhlaq terapan, seperti sikap berbuat baik kepada Allah, sesama manusia, lingkungan alam, tumbuhan, dan lainnya.
  4. Imla’ dengan kitab Qowa’id al-Imla’ tentang pengetahuan imla’ (dikte), seperti menulis Arab dengan lancar, baik dan benar ketika didiktekan.
  5. Khat dengan kitab Kaidah-kaidah Khat tentang pengetahuan dasar kaidah-kaidah khat Arab, seperti khat andalus, thuluth, nasakh, kufy, dhiwani, dan lainnya.
  6. Nahwu dengan kitab Al-Jurumiyah dan Imrithi tentang pengertian dasar-dasar ilmu nahwu, seperti kalam, isim, mabni, mu’rab, fi’il, fa’il, maf’ul, naib al-fa’il, isim dhamir, isim maushul, dharaf, harf al-jar, sifat, hal, dan lainnya.
  7. Sharaf dengan kitab Al-Amtsilah at-Tashrifiyyah dan Qowa’id al-i’lal tentang pemahaman bentuk wajan kata-kata Arab baik tsulasi, ruba’i, ziyadah, huruf-huruf, seperti tsuasi, ruba’i, fi’il madhi, fi’il mudhari, mashdar, mashdar mim, isim fa’il, isim maf’ul, fi’il amr, isim zaman, isim makan, dhamir bariz dan mustatir, dan lainnya.
  8. Bahasa Arab dengan kitab Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah tentang percakapan bahasa Arab sehari-hari.
  9. Sejarah Islam dengan kitab Khulashah Nur al-Yaqin Jilid I tentang pengetahuan sejarah ringkas hidup Rasulullah SAW, seperti nasab Rasulullah, kehidupannya, shahabat khulafa ar-Rasyidin, dan lainnya.
  10. Fiqih dengan kitab Matn at-Tarqib tentang pengetahuan dasar mengenai fikih terutama madzhab Syafi’i, seperti tentang bersuci, shalat, puasa, zakat, haji, dan lainnya.
  11. Tauhid dengan kitab Tijan ad-Darori, Jawahir al-Kalamiyyah tentang pengetahuan dasar-dasar tauhid, seperti pengertian rukun iman, rukun Islam, sifat 20, sifat mustahil bagi Allah, sifat jaiz bagi Allah, perdebatan ulama salaf-khalaf, dan i’tiqad ahlu as-sunnah wa al-jama’ah.